Human Resources Departement atau  biasa kita sebut HRD, merupakan departemen sumber daya manusia yang memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Seorang HRD harus memahami undang-undang khususnya tentang undang-undang ketenagakerjaan untuk menjaga perusahaan dari berbagai masalah khususnya tentang pekerja. Adapun peranan penting HRD di perusahaan yaitu recruitment karyawan baru, penggajian, penilaian kinerja karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan. Dengan melihat pengertian divisi ini, wajar jika HRD sering disebut “nyawa” perusahaan. Baik buruknya sebuah performa perusahaan bisa dinilai dari kualitas siapa saja yang bertanggung jawab di balik divisi ini.

Untuk mengetahui peranan penting dari divisi HRD , yuk simak penjelasan di bawah ini

  1. Melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, Tugas ini sudah tidak asing lagi untuk kita, sebab ketika mau melamar pekerjaan yang dituju pertama adalah HRD. Seorang HRD bertanggung jawab dalam melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, baik dari membuat lowongan pekerjaan, screening CV, psikotes,  wawancara hingga menemukan calon karyawan yang cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut dan membuat kontrak kerja karyawan.
  2. Pelatihan dan pengembangan karyawan, salah satu peranan HRD adalah sebagai jembatan karyawan. Karyawan perlu diberikan pelatihan yang tepat dan pengembangan agar produktivitas kerja meningkat. pemberian pelatihan dan pengembangan ini dapat menambah skill karyawan, membuat karyawan merasa dihargai dan menghindari demotivasi pada karyawan. Sedangkan keuntungan untuk perusahaan yaitu dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan terciptanya SDM yang berkualitas.
  3. Memberikan kompensasi dan benefit pada karyawan, Pekerjaan HRD bukan hanya memberikan keuntungan kepada perusahaan saja melainkan harus memastikan kesejahteraan karyawan  seperti pemberian gaji, tunjangan dan fasilitas untuk karyawan sesuai dengan beban kerja yang di embannya.

Itulah beberapa peranan penting HRD yang wajib Anda ketahui, selain peranan di atas masih banyak lagi peranan yang di emban oleh divisi HRD lho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *