Pernahkah Anda melihat pebisnis yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya? ataukah Anda sendiri yang pernah mengalaminya? Kegagalan bisnis tidak serta merta terjadi begitu saja, ada beberapa hal yang sering dilewatkan oleh pebisnis sehingga menyebabkan kegagalan dalam mengelola bisnisnya. Lalu, apa saja sih yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis? yuk kita simak faktor kegagalan bisnis berikut ini

1. Tidak Memahami Bisnis

Beberapa pebisnis menjalankan bisnisnya dengan cara nekat tanpa menggunakan ilmu dan ketrampilan. Mereka beranggapan dengan  uang sebagai modalnya berbisnis dapat membawa keberhasilan dalam berbisnis, mendapatkan untung yang besar dari bisnisnya dan bisnis akan terus berjalan tanpa merugi. Padahal uang saja belum cukup untuk dijadikan modal dalam membangun bisnis sehingga Pebisnis harus memahami  bahasa bisnis dan memiliki ketrampilan dalam berbisnis

2. Berbisnis dengan Emosional

Tidak sedikit orang yang jatuh bisnisnya karena selalu mengambil keputusan dengan emosi. Bussiness is intellectual sport, it isn’t emotional sport. Setiap keputusan yang akan diambil dari sebuah bisnis harus dipikirkan matang-matang dan secara intelektual bukan hanya berdasar emosi semata.

3. Tidak Secara Sadar Membangun Kekayaan

Bisnis adalah cara untuk membangun kekayaan, tetapi banyak orang yang berbisnis sekedar  untuk gaya hidup atau sekedar kegiatan yang akhirnya justru mendapatkan masalah dan jatuh miskin. Banyak pebisnis yang baru menjalankan beberapa tahun bisnisnya langsung merubah gaya hidupnya, yang awalnya gaya hidupnya sederhana berubah menjadi gaya hidup yang mewah seakan mau membuktikan bahwa ia adalah pebisnis yang sukses dan bergelimang harta.  Hal tersebut dapat membuat bisnis yang dirintisnya gagal.

4. Tidak Memahami Utang

Banyak pebisnis yang jatuh dalam lilitan utang karena tidak memiliki ilmu tentang utang. Mereka mengambil utang karena tidak memiliki ilmu tentang utang. Mereka mengambil utang yang salah, berutang dengan cara yang keliru, berutang pada waktu yang tidak pas dan lain-lain. Utang itu seharusnya menjadi leverage yang akan membuat bisnis kita berkembang. Jika keliru, utang justru akan membuat maslah semakin dalam.

Sumber:
Trenggono, Heppy. 9 Pertanyaan Fundamental: Strategi membangun kekayaan tanpa riba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *