Penilaian kinerja merupakan aktivitas manajer untuk melakukan evaluasi terhadap tingkah laku berprestasi karyawan yang dilanjutkan dengan menentukan kebijaksanaan kedepannya. Hal ini berkaitan dengan penilaian loyalitas, kejujuran, kepemimpinan, teamwork, dedikasi serta partisipasi. Setiap karyawan perlu dinilai apakah sudah bekerja secara produktif atau belum, sudah sejauh apa pengembangan dirinya selama bekerja di perusahaan, pantaskah diberikan reward, atau malah hukuman.

 

Lalu… apa pentingnya evaluasi kinerja? yuk simak ulasan dibawah ini…

  1. Kepastian dalam pembuatan atau pembaruan struktur gaji, kompensasi dan benefit dan/bonus. Hal ini dapat menghindarkan perusahaan  dari over budgeting atau kurang dalam memberikan kompensasi setimpal.
  2. Menentukan posisi/tanggung jawab yang sesuai dengan karyawan. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan semua resource yang ada termasuk kemampuan personil serta untuk menempatkan karyawan yang mumpuni di posisi yang tepat
  3. Membangun sikap percaya dan engage satu sama lain. Dalam evaluasi, karyawan memiliki hak untuk menyuarakan kebutuhannya selama bekerja di perusahaan sehingga perusahaan harus memberikan fasilitas tersebut
  4. Melindungi perusahaan secara hukum. proses penilaian kinerja akan berkaitan dengan keberlangsungan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan. Jika perusahaan terpaksa mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan karyawan, riwayat penilaian kerja yang didokumentasikan dengan baik dapat dijadikan dasar keputusan untuk pemberhentian tersebut.

Keempat alasan evaluasi kinerja karyawan di atas dapat menjadi tinjauan Anda untuk melakukan hal serupa di perusahaan. Selain menilai dan mengapresiasi kinerja karyawan, evaluasi demikian juga mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kondusif. Karyawan pun termotivasi untuk aktif berkontribusi demi kemajuan perusahaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *