Evaluasi kinerja pada karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan perusahaan. Dengan evaluasi kinerja kita bisa mengetahui performance setiap karyawan dan dapat memperbaiki permasalahan yang timbul dari karyawan. Namun, sebelum melakukan evaluasi kinerja pada karyawan, sebaiknya  kita melakukan persiapan yang matang. Yuk simak penjelasan berikut ini

1.Tetapkan standar penilaian kinerja dan waktu evalusi

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan menetapkan standar kinerja. Menentukan standar kinerja juga harus dijelaskan sejelas-jelasnya dan dinilai secara objektif. Hal ini dilakukan agar standar kinerja bisa dipahami dengan mudah dan bisa diukur dengan tepat. Waktu evaluasi umumnya diatur 1x dalam kurun waktu 6 bulan, atau 1x dalam 12 bulan. Rentang 1x setiap 6 bulan cukup banyak dipilih karena rentangnya tidak terlalu pendek atau panjang.

2.Pemilihan metode : secara kuantitatif dan/ kualitatif

Yang bisa dinilai dari kinerja karyawan umumnya terbagi dua jenis, yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif mudah diukur karena ada angka yang menjadi standar ukuran keberhasilan, terlebih jika didukung data pelengkap. Kualitatif juga tidak kalah penting dengan jumlah atau kuantitas. Terlebih perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau hospitality, dimana kualitas kerja yang lebih condong dijadikan dasar penilaian kinerja.

3.Persiapkan data yang dibutuhkan

Anda tentu tidak boleh melewatkan yang satu ini. Tanpa data, penilaian HRD maupun leaders bisa jadi meleset. Demi mempertahankan penilaian yang rasional dan objektif, Anda harus memiliki dan menyiapkan data pendukung seperti data absensi, data KPI, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *